ATI BENGKONG OLEH ONCONG | Kliping Sastra Indonesia | Etnik dan Budaya
ATI BENGKONG OLEH ONCONG Reviewed by maztrie on 11:17 AM Rating: 4,5

ATI BENGKONG OLEH ONCONG

Pepatah Jawa di atas secara harfiah berarti hati bengkok mendapat oncong (salah satu alat penjerat burung).

Oncong adalah alat penjerat burung yang terbuat dari anyaman tali yang halus (kira-kira sebesar benang jahit). Oncong umumnya dibuat seukuran burung yang akan dijerat. Cara kerja oncong ini adalah dengan dipasangkan (dimasukkan) ke dalam sarang burung. Oleh karena itu, diameter oncong dibuat seukuran diameter sarang burung. Panjang oncong juga seukuran kedalaman sarang burung.

Ketika burung masuk ke dalam sarang yang telah dipasangi oncong, maka dengan sendirinya simpul di bagian luar yang disangkutkan pada salah satu dahan pohon akan menjerat/menutup lubang utama oncong. Dengan demikian burung pun tidak dapat menggerakkan tubuhnya karena telah terkunci di dalam lilitan anyaman oncong.

Ati bengkong oleh oncong sebenarnya ingin menyatakan tentang niat buruk seseorang yang kemudian mendapatkan jalan atau pendukung. Ati bengkong sudah menunjukkan bahwa hatinya tidak lurus (jujur/baik). Hati yang membengkok kemudian oleh oncong sama dengan mendapatkan jalan. Jalan terhadap ati bengkong tersebut adalah oncong, yakni jalan yang sifatnya sama buruknya dengan hati yang bengkong tersebut karena oncong pada arti harfiahnya adalah jalan jerat bagi burung.

Contoh dari pepatah ati bengkong oleh oncong ini dapat disimak dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya ada orang berniat menipu orang lain kemudian teman di sampingnya menyokong atau berjanji untuk melindungi/mendukung penipu tersebut, itu sama artinya dengan ati bengkong oleh oncong. Contoh lain misalnya ada koruptor berniat menggaruk uang milik sebuah lembaga, ketika niat itu mekar di hatinya, tiba-tiba pemilik atau penguasa dari lembaga itu mempercayakan proyek atau kekayaannya kepada orang tersebut. Dengan serta merta terlaksanalah niat korupsi dari orang itu. [tembi]

~~maztrie~~
Creative Commons License