Caturkanaka | Kliping Sastra Indonesia | Etnik dan Budaya
Caturkanaka Reviewed by maztrie on 10:36 PM Rating: 4,5

Caturkanaka

SANGHYANG CATURKANAKA dikenal pula dengan nama Sanghyang Caturkawaka. Ia adalah putra ketiga dari enam bersaudara putra Sanghyang Wening/ Sanghyang Darmajaka dangan Dewi Sikandi. Kelima orang saudara kandungnya masing-masing bernama; Sanghyang Pancaresi, Sanghyang Narada, Sanghyang Triyarta, Sanghyang Dermaya dan Dewi Dremani yang menjadi istri Sanghyang Tunggal.

Sanghyang Caturkanaka sangat sakti namun berwatak penyabar dan memilki sifat murah hati. Sebagaimana Sanghyang Narada, kakaknya, Sanghyang Carurkanaka memiliki pembawaan yang alimdan pandai bergaul, pandai dalam berbagai ilmu pengetahuan, jujur, hatinya bening, pikirannya cerdas dan senang bersenda-gurau. Karena kesamaan sifat, watak dan pembawaannya inilah maka Sanghyang Carturkanaka memiliki ikatan persaudaraan yang sangat erat dengan Sanghyang Narada, juga tinggal bersama di kahyangan Siddi Udaludal atau Sudukpangudaludal (pedalangan Jawa).

Sanghyang Caturkanaka menikah dengan Dewi Hira, putri Sanghyang Heramaya. Dari perkawinan ini lahir beberapa orang bidadari. Salah satunya adalah Dewi Sumarekti yang menjadi istri Bathara Kuwera. [pakdhedar]
~~maztrie~~
Creative Commons License