Warga Pantai Glagah gelar sedekah laut | Kliping Sastra Indonesia | Etnik dan Budaya
Warga Pantai Glagah gelar sedekah laut Reviewed by maztrie on 7:55 AM Rating: 4,5

Warga Pantai Glagah gelar sedekah laut


Ratusan warga dan nelayan Pantai Glagah menggelar tradisi sedekah laut kemarin (12/1). Meski hujan sempat turun namun acara yang dihadiri Wakil Bupati Kulonprogo Mulyono itu tetap berlangsung khidmat dan lancar.

“Tradisi ini merupakan ungkapan syukur para nelayan dan warga kepada Tuhan atas rezeki yang diterima selama ini,” kata seorang peserta Daryono kepada Harian Jogja. Upacara sedekah laut di Pantai Glagah ini dimulai sekitar 09.00 WIB dengan upacara kenduri dan doa beberapa saat kemudian dilaksanakan prosesi arakarakan gunungan menuju ke laut selatan untuk dilarung.

“Puluhan gunungan yang berisi sesaji disiapkan oleh nelayan dan masyarakat Glagah untuk dilakukan pelarungan hari ini,” kata Daryono. Sedekah laut ini memang sudah menjadi salah satu acara tradisional di Pantai Glagah. Penyelenggaraan kali ini juga dilakukan sekalian untuk wujud doa agar pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto yang rencananya bakal mulai beroperasi akhir tahun ini dapat berjalan tanpa hambatan.

“Semoga melalui sedekah laut ini segenap warga pesisir selatan seperti nelayan dan warga di Pantai Glagah ini senantiasa diberi kesejahteraan, keselamatan, dan rezeki dari Tuhan,” kata wakil Bupati Mulyono.

Mulyono menambahkan meski Glagah memiliki banyak potensi untuk dikembangkan, masyarakatnya tetap mengutamakan kearifan budaya lokal dalam membangun desa ini. Masyarakat masih memegang tradisi dan mempertahankan kearifan budaya lokal, melestarikan kesenian tradisional serta menjaga tata dan perilaku hidup.

“Semuanya masih dipegang teguh masyarakat setempat. Dan ini menjadi potensi yang tak boleh hilang,” katanya.  [jawapos]

Creative Commons License